Kamis, 05 Mei 2011

Karakteristik Evaluasi Program Penyuluhan Pertanian

PAPER PERENCANAAN DAN EVALUASI PROGRAM
PENYULUHAN PERTANIAN
”Karakteristik Evaluasi Program Penyuluhan Pertanian”



Disusun oleh :
1. Ami Noeryawan H0808075
2. Ririn Hidarwati H0808143
3. Budi Prasetyo H0808174
4. Novitasari Dyah AKD H0808189
AGB D


PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
2011
BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Evaluasi adalah suatu proses untuk menentukan relevansi, efisiensi, efektivitas, dan dampak kegiatan-kegiatan proyek/program sesuai dengan tujuan yang akan dicapai secara sistematik dan obyektif. Seorang Penyuluh Pertanian Terampil untuk dapat melakukan evaluasi dengan benar harus merencanakan/menyusun instrumen dan melaksanakan evaluasi serta dapat menyusun laporan hasil evaluasi sesuai dengan metoda ilmiah, untuk itu, maka tahapan evaluasi yang dilakukan harus jelas, sistematis dan mengikuti kaidah berfikir ilmiah.
Derajad jenjang keilmiahan/kebenaran dari evaluasi dimulai dari evaluasi sehari-hari, mawas diri, mengevaluasi sendiri, kajian khusus dan penelitian ilmiah, sedangkan pendekatan yang dapat dilakukan dalam evaluasi adalah pendekatan informasi kunci, pendekatan forum masyarakat, pendekatan indikator dan pendekatan survei/sensus.
Manfaat dari hasil evaluasi penyuluhan antara lain: menentukan tingkat perubahan perilaku petani, untuk perbaikan program, sarana, prosedur, pengorganisasian dan pelaksanaan penyuluhan pertanian dan untuk penyempurnaan kebijakan penyuluhan pertanian. Pelaporan hasil kegiatan penyuluhan pertanian sangat penting sebagai penyampaian informasi, sebagai bahan pengambilan keputusan/kebijakan oleh pimpinan/penanggung jawab kegiatan, pertanggungjawaban, pengawasan dan perbaikan perencanaan berikutnya.
Untuk mendapatkan hasil evaluasi yang dapat dipercaya perlu adanya pemahaman mengenai karakteristik proses evaluasi sebagai landasan dalam pelaksanaan evaluasi penyuluhan pertanian yaitu berdasarkan fakta, bagian integral dari proes penyuluhan, berhubungan dengan tujuan program penyuluhan, menggunakan alat ukur yang sahih, dilakukan terhadap proses dan hasil penyuluhan serta dilakukan terhadap kuantitatif maupun kualitatif.
B. Permasalahan
Untuk dapat melaksanakan evaluasi dengan baik maka sebaiknya terlebih dahulu memahami karakteristik evaluasi dengan membahas mengenai:
1. Apa yang dimaksud dengan evaluasi dan karakteristik evaluasi penyuluhan pertanian?
2. Bagaimana karakteristik evaluasi penyuluhan pertanian?
C. Tujuan
Pembuatan paper ini bertujuan untuk:
1. Memahami pengertian evaluasi dan karakteristik evaluasi penyuluhan pertanian.
2. Memahami macam-macam karakteristik evaluasi penyuluhan pertanian.
















BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Evaluasi dan Karakteristik Evaluasi Penyuluhan Pertanian
Evaluasi adalah suatu proses untuk menentukan relevansi, efisiensi, efektivitas, dan dampak kegiatan-kegiatan proyek/program sesuai dengan tujuan yang akan dicapai secara sistematik dan obyektif.
Setiap program kegiatan yang direncanakan seharusnya diakhiri dengan evaluasi dan dimulai dengan hasil evaluasi kegiatan sebelumnya. Evaluasi yang dilakukan dimaksudkan untuk melihat kembali apakah suatu program atau kegiatan telah dapat dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan tujuan yang diharapkan. Dari kegiatan evaluasi tersebut akan diketahui hal-hal yang telah dicapai, apakah suatu program dapat memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil evaluasi itu kemudian diambil keputusan, apakah suatu program akan diteruskan, atau direvisi, atau bahkan diganti sama sekali. Hal ini didasarkan pada pengertian evaluasi, yaitu suatu proses pengumpulan informasi melalui pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tertentu untuk mengambil suatu keputusan. Jadi, pada dasarnya evaluasi adalah suatu kegiatan yang menguji atau menilai pelaksanaan suatu program.
Evaluasi program biasanya dilakukan untuk kepentingan pengambilan keputusan dalam rangka menentukan kebijakan selanjutnya. Dengan melalui evaluasi suatu program dapat dilakukan secara sistematis, rinci dan menggunakan prosedur yang sudah diuji secara cermat. Dengan metode tertentu akan diperoleh data yang handal, dapat dipercaya sehingga penentuan kebijakan akan tepat, dengan catatan apabila data yang digunakan sebagai dasar pertimbangan tersebut benar, akurat dan lengkap. Dalam pelaksanaan evaluasi perlu adanya pemahaman mengenai karakteristik dari evaluasi penyuluhan pertanian. Karakteristik evaluasi penyuluhan pertanian merupakan suatu ciri khas dari kegiatan evaluasi dan menjadi simbol atau tanda bahwa kegiatan tersebut dikatakan sebagai evaluasi.
B. Macam-Macam Karakteristik Evaluasi Penyuluhan Pertanian
Karakteristik evaluasi pertanian ada banyak dan terinci dengan jelas, dengan mengetahui dan memahami mengenai karakteristik evaluasi maka kita dapat dipastikan bahwa juga mengenali evaluasi itu sendiri.
Karakteristik proses evaluasi:
a. evaluasi merupakan proses terstruktur
Evaluasi merupakan proses terstruktur, artinya bahwa kegiatan evaluasi merupakan kegiatan yang telah terkosep atau terpola sehingga kegiatannya telah terencana dengan urutan dan struktur yang telah ditentukan sebelumnya.
b. evaluasi didasarkan pada indikator yang dapat diamati
Menerapkan indikator untuk mengukur kemajuan-kemajuan yang dicapai, indikator dapat berupa fisik dan non fisik. Untuk indikator fisik atau ukuran-ukuran yang diberikan berdasarkan kondisi fisik yang diamati. Untuk indikator non fisik atau ukuran-ukuran yang tidak dapat dengan mudah diamati secara fisik melainkan harus digali melalui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan dan cara-cara yang lain misalnya pada pengukuran perilaku. Indikator untuk ukuran perilaku dalam evaluasi penyuluhan pertanian meliputi pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
Contoh. Petani dapat menyebutkan 4 jenis pupuk yang digunakan pada padi sawah, petani dapat melakukan pemupukan padi sawah dengan tepat sesuai dosis rekomendasi.
c. evaluasi menganalisis hal-hal rumit menjadi sederhana
Evaluasi menganalisis hal-hal rumit menjadi sederhana, artinya bahwa kegiatan evaluasi akan mengetahui masalah-masalah yang terjadi serta mencari pemecahannya sehingga masalah yang rumit akan menjadi lebih sederhana.
d. evaluasi menghasilkan informasi yang tidak memihak dan disetujui semua orang dan keputusan yang andal masuk akal.
Evaluasi menghasilkan informasi yang tidak memihak dan disetujui semua orang dan keputusan yang andal masuk akal, artinya bahwa kegiatan evaluasi bersifat adil dan tidak memihak terhadap salah satu pihak. Hasil dari evaluasi merupakan hasil keputusan bersama dari suatu musyawarah.
e. evaluasi mengeliminir pengaruh pribadi evaluator
Evaluasi mengeliminir pengaruh pribadi evaluator, artinya bahwa kegiatan evaluasi tidak dicampur adukkan dengan urusan pribadi dari evaluator. Jadi evaluasi murni dilakukan mengenai kegiatan evaluasi tersebut tanpa adanya pengaruh urusan pribadi.




















BAB II
PENUTUP

Evaluasi program biasanya dilakukan untuk kepentingan pengambilan keputusan dalam rangka menentukan kebijakan selanjutnya. Dengan melalui evaluasi suatu program dapat dilakukan secara sistematis, rinci dan menggunakan prosedur yang sudah diuji secara cermat. Dengan metode tertentu akan diperoleh data yang handal, dapat dipercaya sehingga penentuan kebijakan akan tepat, dengan catatan apabila data yang digunakan sebagai dasar pertimbangan tersebut benar, akurat dan lengkap. Dalam pelaksanaan evaluasi perlu adanya pemahaman mengenai karakteristik dari evaluasi penyuluhan pertanian. Karakteristik evaluasi penyuluhan pertanian merupakan suatu ciri khas dari kegiatan evaluasi dan menjadi simbol atau tanda bahwa kegiatan tersebut dikatakan sebagai evaluasi.
Karakteristik evaluasi pertanian ada banyak dan terinci dengan jelas, dengan mengetahui dan memahami mengenai karakteristik evaluasi maka kita dapat dipastikan bahwa juga mengenali evaluasi itu sendiri. Karakteristik tersebut adalah: evaluasi merupakan proses terstruktur , evaluasi didasarkan pada indikator yang dapat diamati, evaluasi menganalisis hal-hal rumit menjadi sederhana, evaluasi mengeliminir pengaruh pribadi evaluator , evaluasi menghasilkan informasi yang tidak memihak dan disetujui semua orang dan keputusan yang andal masuk akal.







DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2010. http://cekzaislami.blogspot.com/evaluasi-pelaksanaan-penyuluhan.html. Diakses pada tanggal 27 April 2011.
Anonim, 2010. Pengertian evaluasi penyuluhan pertanian. http://wahyutrikusumasari.blogspot.com/pengertian-manfaat-dan-ruang-lingkup.html. Diakses pada tanggal 27 April 2011.
Posting ini telah dilihat sebanyak (kali)

1 komentar:

  1. sangat berharga mohon ijin untuk mengutip beberapa point yang saya anggap penting

    BalasHapus